Solusi Seimbang Atasi Stres dan Penyakit Pada Unggas

Solusi Seimbang Atasi Stres dan Penyakit Pada Unggas

Biochem memberikan solusi seimbang mulai dari mencegah, mengurangi, dan memulihkan kondisi unggas agar hasil terus optimal S tres pada ayam dapat timbul akibat penyakit dan faktor ling kungan.

Kondisi tersebut dapat menim bulkan efek negatif yang berpengaruh terhadap performa dan kesehatan unggas. Melanie Seifert, Product Manager Biochem menjelaskan, stres yang disebabkan penyakit dapat menggang gu sistem imun dan merusak jaringan epitel.

Sementara faktor stres dari lingkung an me micu stres oksidatif yang mem pengar uhi kapasitas antioksidan pada sel unggas dan me ningkatnya level hormon glucocorticoid (kortisol) yang mengganggu metabolisme protein katabolik dan imunosupresi.

“Jika unggas tidak mampu mengendalikan stres dan ketersediaan cadangan energi tidak mencukupi, maka unggas akan mengalami fase kelelahan, gangguan keseimbangan, bahkan kematian,” tutur Melanie di sela-sela seminar ILDEX Indonesia 2017, Jakarta, Kamis (19/10).

Mencegah, Memitigasi, Memulihkan

Agar ayam tidak stres dan sakit, keseimbangan mikroflora dalam sistem pencernaannya perlu dijaga. Untuk men jaga kondisi tersebut, ujar Melanie, diperlukan pendekatan secara menyeluruh. Mulai dari tahap pencegahan (prevention) dengan strategi probiotik menggunakan B.I.O.Sol, yang bertujuan menyeimbangkan kom posisi mikroflora dan membuat kapasitas pencernaan jadi lebih baik, serta memaksimalkan fungsi imun.

Tahap selanjutnya, mitigasi (alleviation) dengan memproteksi melalui penggunaan antioksidan B.I.O.Vit E/Se/Zn ke dalam air minum mengurangi gejala stres. Lalu tahap pemulihan (recovery), mendukung regenerasi sel dengan B.I.O.Zink SL dan membangun kembali hidrasi. B.I.O.Zink SL, terang Dokter Hewan lulusan Hannover University, Jerman, ini, mengandung vitamin dan trace mineral.

Di antaranya E.C.O.Trace Zinc, mineral organik Zink yang mendukung imunitas dan regenerasi sel usus. Vitamin B kompleks yang berfungsi memperbaiki resistensi dan men stimulasi pertum buhan. Juga kandungan betain yang menjaga keseimbangan osmotik dan mem buat resorpsi lebih baik. Selain itu untuk mengoptimalkan per forma unggas dapat diberikan LiquiPhos Strong selama masa pertumbuhan intensif.

Suplemen yang diberikan lewat air minum ini ber fungsi menjaga per tumbuhan dan pembentukan tulang. Termasuk juga, menjaga kekuatan tulang, kualitas kerabang telur, dan daya tetas telur. Pembe rian LiquiPhos Strong juga mengoptimalkan kinerja biokimia dan reaksi enzimatik.

Feed Safety for Food Safety

Pada kesempatan lain, Veny Wibowo, Country Manager Biochem Indonesia mengutarakan, penggunaan probiotik sebagai imbuhan pakan dapat menjaga kestabilan dan menyehatkan saluran pencernaan.

Kehadiran probiotik, lanjut lulusan Kedokteran Hewan IPB Bogor ini, melindungi tubuh ayam dari bakteri patogen de ngan cara menjaga keseimbangan mikroflora usus halus dan membantu mening katkan fungsi sistem imun usus.

Sebagai pemacu pertumbuhan alami, lanjut Veny, probiotik dapat menggantikan peran AGP (Antibiotic Growth Promotor) dalam mening katkan kesehatan pencer naan dan performa ung gas. Namun tetap memperhatikan kestabilan mikro flora usus. “Kesta bilan mikroflora usus sangat berpengaruh terhadap status kesehatan, perkembangan, dan pertumbuhan unggas.

Fungsi dan kinerja probiotik bisa lebih efektif ke timbang AGP,” tandasnya meya kinkan. Biochem mengusung konsep feed safety for food safety yang bisa didefinisikan sebagai keamanan dalam pakan ternak akan memberi rasa aman pula kepada konsumen. Di Eropa, jelas Veny, penggunaan AGP sudah lama ditinggalkan.

“Antibiotik tetap digunakan tetapi tidak sebagai pemacu pertumbuhan, melainkan untuk perlakuan tertentu seperti saat sakit,” tuntasnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *