Categories
Agribisnis

Kampanya Global Peduli Ancaman Resistensi

Dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat mengenai ancaman resistensi antimikroba, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementan akan mengada kan ”Pekan Kesadaran Antibiotik”.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehat an Hewan, I Ketut Diarmita mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kampanye global peduli penggunaan antibiotik. “Ini juga sebagai salah satu wadah untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat mengenai ancaman resistensi antimikroba,” ungkapnya di Jakarta, Rabu (8/11).

I Ketut Diarmita menjelaskan, resistensi Antimikroba (AMR), telah menjadi ancaman tanpa mengenal batas-batas geografis, dan berdampak pada kesehatan masyarakat, kesehatan hewan, dan kesehatan lingkungan. Untuk itu, masyarakat harus menyadari bahwa ancaman tersebut merupakan ancaman serius bagi keberlangsungan ketahanan pangan.

Khususnya pembangunan di sektor peternakan dan kesehatan hewan. Ia berpendapat, bahaya resistensi anti mikroba erat kaitannya dengan perilaku pencegahan dan pengobatan, dan sistem keamanan produksi pangan dan ling kungan.

Oleh karena itu, diperlukan pen dekatan “One Health” yang melibatkan sektor kesehatan, pertanian termasuk pe ter nakan dan kesehatan hewan serta ling kungan. “Penanganan AMR membu tuh kan pendekatan yang multi dimensi, multi faktor, dan multi stakeholder,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *